Probabilitas Tuhan

Bismillahirohmanirohim….Hal yang selalu ditemui dalam menerapkan metode ilmiah adalah probabilitas.. !!! Kita mengambil data trus ..diolah trus analisis teori mana yang paling cocok sama distribusi yang terbentuk dari data…(wkwkkw :))). Yap , dari distribusi inilah kita memperkirakan keadaan yang terjadi..(hehhe sy jadi asisten ekfis soalnya)…eh tapi bukan hanya experimen fisika moderen yang mengacu pada probabilitas..Fisika klasik juga iya loh ..gitu loh (halah)! temen2 yang mendalami (jadi asisten Laboratorium Fisika Dasar) juga banyak mempelajari probabilitas..Dari awal eksperimen, pada masalah penetapan besarnya ketidakpastian sudah muncul aspek probabilitas…Di bidang ekonomi(hehehe lebay) untuk menentukan kebijakan tahun depan..para pakar menggunakan data statistik prestasi tahun ini dan memperkirakan kondisi yang akan terjadi….Bahkan di fisika kuantum kata pak Heisenberg, alam partikel bersifat fluktuatif…elektron dengan energi lebih rendah dari dinding potensial, ada yang bisa menembus dinding itu!!…bisa kita bayangin kita bareng2(banyak orang) naik sepeda nanjak gunung.. nah kekuatan kita tuh cuma bisa ampe ke ketinggian pohon klapa…dan gunung itu 5 kali lebih tinggi dari pohon kelapa… tapi ada seorang, ato bahkan mungkin lebih dari seorang bisa melewati gunung itu..

Yp , seakan yang terjadi di dunia ini adalah “kemungkinan”,.. bahkan banyak diantara kita yang menganggap keberadaan Tuhan adalah probabilitas…Peristiwa yang paling sering terjadi mempunyai peluang besar untuk terjadi lagi..mungkin dari sinilah manusia mulai “belajar”..Sebuah ironi, Pak Enstein merupakan orang yang membenci teori probabilitas pada fisika kuantum namun beliau adalah tokoh penemu statistik Bose-Einstein pada dunia kuantum (wakwaw!!)…bahkan pak Einstein hingga meninggal mempercayai bahwa “Tuhan tidak melempar dadu saat membuat alam semesta”…Klo di experimen atenuasi x-ray (hehehe) kita memperhitungkan kemungkinan partikel menembus ato terserap penghalang….Sekarang pertanyaanya adalah ” adakah yang pasti di dunia ini??” (halah hwahahaha)….

Yp klo menurut saya.. semua yg terjadi di dunia ini adalah pasti… dan sudah diperhitungkan olehn-Nya..namun karena keterbatasan otak manusia, manusia baru bisa mencapai level probabilitas dalam mendefinisikan kejadian di alam…hingga meninggal, Pak Einstein mencari sebuah teori yang tidak berdasar probabilitas. Yp hasilnya nihil..namun bukan berarti teori kuantum adalah yang paling benar…hanya saja teori kuantum sudah dianggap cocok dalam menjelaskan perilaku partikel secara umum..nah di sinilah ilmuan fisika tertantang…Sambil merenung sedikit, dan menyadari bahwa kita (manusia gitu loh) memang terdiri dari sisi jasmani dan rohani..Melalui tanda2 yang kita amati di dunia ini…para ilmuan coba mengkaji dan mendefinisikan perilaku alam..Dari situlah kita paham, bahwa hanya Yang Maha Agung yg bisa menciptakan dan mengoperasikan alam ini…Dan perilaku alam bukanlah probabilitas….Penggunaan probabilitas hanyalah tanda dari keterbatasan kemampuan manusia (gitu loh)..!!

Advertisements
Published in: on February 21, 2009 at 11:18 pm  Comments (4)  

The URI to TrackBack this entry is: https://harji.wordpress.com/2009/02/21/probabilitas-tuhan/trackback/

RSS feed for comments on this post.

4 CommentsLeave a comment

  1. namanya juga manusia dul,,

    otak kita ini terbatas..
    semua yang kita pahami itu pasti dari realitas yang kita lihat sehari hari..

    makanya kita dikasi keamuan analogi. hasilnya tidak selalu benar, tapi kalau bisa membantu memahami itu bisa cukup…

    oy salam blogging dul..
    kasfi

    • hehehe iya …kan saya iseng2 nulis juga kategorinya wkwkwk :))

  2. Akur Ji…tapi terkadang karena merasa sok pintar, ketika mengetahui ayat-Nya yang tak masuk di akal..Akhirnya Tuhan yang di salahkan..padahal otaknya yang hanya seuprit……….

  3. Saya kira Tuhan memberi manusia segalanya dengan jumlah terbatas. Kecuali mimpi. Tuhan memberi manusia mimpi-mimpi tak yang terbatas


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: